Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Si Dijeh Ngomongin Musik

Tanggal 19 Februari kemaren, Simple Plan resmi ngeluarin album baru yang berjudul “Taking on for the team” dan lagu-lagunya sungguh awesome sekali! Banyak yang bilang ini album terbaiknya Simple Plan. Bagi gue? Yes setuju kalo emang ini salah satu album terbaiknya Simple Plan. Nuansa khas musik Simple Plannya masih keresa banget. meskipun personilnya udah tua-tua, tapi kalo denger warna suaranya sih mirip Simple Plan di awal 2000an. Beda lah ya kaya Coldplay, yang jelas udah kehilangan identitas musiknya. Apa coba sekarang Coldplay jadi elektro EDM gitu. Gue kalo ketemu Chris Martin di jalan pengen deh ngomong “Nyari duit ampe gitu amat bang”.

Gak Cuma Simple Plan,  band favorit gue yang ngeluarin album di tahun ini. Bulan Januari lalu juga, Panic! At the Disco ngeluarin album Death of Bachelor. Dan gue suka abis dengan konsep yang dibawain Brandon Urie di album ini. Gimana engga, album ini tuh gabungan antara musik ghotic + musiknya Queen + musiknya Frank Sinatra. Apa yang lebih gokil? Semuanya digarap sendiri sama si Brando Urie! 
 
Cover album baru PATD

Btw yang belum tau, Panic! At the Disco tuh grup band yang personilnya cuma satu doang, ya si Brandon itu. Awalnya sih banyakan, tapi karena cabut satu per satu, Tinggal  Brandon doang yang jalanin band P!ATD.

Tapi gue tertarik sama penamaan “Panic! At the disco”. Filosofinya apa ya mereka bikin grup band dengan nama kaya gini. Mungkin aja nama itu tuh diambil dari sebuah percakapan gitu

Spencer Smith: Lu lagi apa broo?

Brandon Urie: Panic!

Spencer Smith: Emang lagi di mana?

Brandon Urie: At The Disco

Jadi lah Panic! At the Disco. Gokil.

Gue takutnya penamaan band kaya gini diikuti oleh orang lain, misalnya anak pesantren mau bikin band, namanya jadi

Ngaji! At the Mosque. Sungguh syariah sekali.

Atau anak gombal abis pengen bikin band, namanya jadi

Your name! At My Heart. Ya Allah aku klepek-klepek.

Balik ngomongin P!ATD, sebenarnya gue baru tau lagu-lagu PATD pas SMA Kelas 3. Gue masih inget waktu itu lagunya Monalisa lagi ngehits di radio. Gue pun penasaran siapa yang nyanyiin. Maka dari situ lah gue falling in love sama Brandon Urie eh Panic! At The Disco maksudnya. Gak cuma warna musiknya, yang gue suka dari P!ATD adalah video clip yang mereka bikin jarang ngasal. Contohnya aja MV I write sins not tragedies. Demi apa pun, pertama kali gue nonton, gue cuma bengong-bengong ama konsep MV nya. Keren banget. kalo gak salah, MV ini sempet dapet penghargaan Best MV tapi lupa diajang apa.

Gak terkecuali di album barunya, Brandon Urie sukses banget ngemas lagu Emperor’s  new Clothes dengan video clip yang kece punya. Sebenarnya video clip ini sambungan dari lagu This Is Gospel. Nuansa ghotic ala ala MCR aja kalah kayanya dibanding video clip ini.

Berhubung lagi ngomongin musik, gue jadi inget waktu kecil sering dicekokin musik SKA sama saudara gue. Tahun 90an emang lagi hype banget lagu genre SKA gitu. Apalagi waktu itu jaman-jamannya MTV, dan sering banget muterin lagu SKA.

Tapi di akhir tahun 90an, selera musik gue berubah seiring terjadinya pergeseran dari musik SKA ke musik-musik punk rock alternative ala Green Day, Blink 182 sampe The Offspring. Sampai sekarang pun Green Day masih jadi band no 1 di hati gue. Ceileeh. Kenapa gue suka Green Day? Semua karena lagunya American Idiot yang keren banget anjay! Itu lagu punya daya hipnotis sendiri buat gue. Sampe-sampe gue rela beli kaset aslinya Green Day. Dan itu adalah pertama dan terakhir kalinya gue beli kaset asli bukan bajakan. I LOVE GREEN DAY!. Sayangnya sampai saat ini Green Day belum bisa lagi bikin album yang sekece American Idiot.


2000an awal mulai bermunculan genre pop alternative ala All American Reject, All Time Low, Boys like girl, Fall out boy dan sejenisnya. Dan tentunya aja gue suka sama band band kaya mereka. Lagu-lagunya energik dan cocok didenger sebagai penyematan menjalani hari. Asik. Emang sih selera musik orang tuh kan beda-beda, tapi gue rasa kamu kamu kamu dan kamu pasti sekali denger langsung suka ama band-band yang gue sebutin tadi.

Nah di Jaman SMA, gue mulai ngurain dengerin musik  ugal-ugalan yang bawaannya pengen jingkrak-jingkrakan di tempat. Di jaman ini sampai kuliah, gue lebih banyak dengerin lagu-lagu yang nyantai. Maka dari situ lah takdir mempertemukan gue dengan band band asal Inggris yang terkenal kalem kaya Coldplay, Muse, Radiohead, The Verve, Blur, Artic monkey (Gue emang telat banget buat tau lagu-lagu mereka). Tapi dari semua band Inggris, hati gue sudah memilih dengan yakin kalau Oasis adalah band terbaik yang pernah gue tau. Tentunya setelah Green Day. 

Harusnya gue mencitai Oasis sejak jauh-jauh hari, tepatnya waktu mereka (Bareng Blur) menginvasi seleruh musik dunia dengan tagline “British Invasion” tahun 90an. Era dimana orang-orang yang ngedegerin musik britpop, harkat martabatnya ditinggikan beberapa derajat.
Iya Noel, kami percaya!
Seperti pepatah, lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali. Cinta gue terhadap Oasis udah ada di tahap, menyukai semua lagi yang diciptain mereka meskipun lagunya jelek banget. Namanya juga cinta kan, sejelek-jeleknya lagu Oasis pasti bakal gue dengerin juga.

Makanya salah satu harapan gue di dunia ini adalah Oasis bisa reunian lagi, terus manggung di Indonesia. Apalagi manggungnya bareng Green Day. Yawlah, rasanya kayak Surga dipindahin ke bumi kalo itu beneran kejadian

Nah kalo gue suka Green Day dan Oasis, kamu juga pasti punya dong band atau penyanyi favorit? Yuk curhatin aja di kolom komentar, penyanyi favorit kamu siapa


38 comments for "Si Dijeh Ngomongin Musik"

  1. Patd tinggal 1 personil doang? Wah saya baru tw loh
    Kayaknya patd bakal ditiru sama paramore nih
    Huh band keren2 makin kesini makin ditinggal personilnya
    .
    Kalo favorit saya sih one ok rock sama coldrain
    Iya dua2nya band jepang tapi dua2nya juga ga beraroma jrock kayak lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh beneran tuh personile Paramore pada mau cabut? udah lama gak ngikutin paramore sih ehhe

      One ok rock mah emang kece beud. Coldrain gue gak tau nih. band jepang cuma one ok rock yang gue tau haha

      Jrcok :)) Apa kabar ya mereka?

      Delete
    2. Berita yg saya lihat sekarang paramore tinggal 2 personil
      Kasian sih hayley williams, mendingan sama saja dy
      .
      Coldrain juga bagus
      Kan pernah jadi ost pes 2011
      Yg die tomorrow lagunya

      Delete
    3. kalau saya sukanya AKB48, HKT48, NMB48, SKE48
      iya semuanya idol grup jepang tapi semuanya juga nga beraliran musik melayu kayak lainnya

      Delete
  2. Saya sukanya Samsons aja sih. Tapi waktu vokalisnya Bams. Hehehe. Cemen ya selera musik saya. Kalau band luar, saya suka sama band yang ngisi soundtrack anohana itu. Lupa nama bandnya apa. Tapi suka. Iya, geje ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gue juga dulu suka, pada meleleh tuh cewek-cewek dinyanyiin ama Bams. eh sekrng emang siapa sih vokalis samson? apa bandnya udah bubar?

      Aduh gak tau film anohana :(

      Delete
  3. Selera musik lu keren sob,sama kayak ane wkwkw

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Huwaaahhhhh, Simple Plan ngeluarin album baru ?? aahh kudet banget gw, sampe kagak tauuuu....

    widih green day, kalau yang green day gw paling suka sama Boulevard Of Broken Dreams, American Idiot, ama Basketcase. "Do yu Have the time to listen to me whine, About nothing and Everything all at once"


    Kalau musik jadul sih gw lebih suka ke Mr. Big. Tapi ada beberapa lagu Oasis yang gw suka. Oh iya bang tau ama 3 doors down kagak ? dia genre musiknya kayak Alternatif Rock cuman banyak juga sih lagunya yang Slow BGT :3.

    dan satu harapan gw juga bang di dunia ini, 3 Doors Down, All Time Low, Green Day, Simple Plan, NickelBlack, The Calling, A Day To Remember, AKB48, HKT48, NMB48, SKE48, JKT48 Bikin Konser bareng di Indonesia. Huwaaahhh Gw serasa tidur di paha Melody. Tapi percuma juga sih buat gw, karena pasti konsernya dia dain di Jakarta. BNGST !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3 doors down tau, tapi gak gitu suka. band jadul sih wkwk keliatan tua banget deh lu yaak

      wadaw banyak amaaaaat itu!

      Delete
  6. kalo ngomongin musik sih pasti emang setiap orang punya selera sendiri-sendiri, bahkan dari selera itu aja bisa menimbulkan kerusuhan loh kalo semisal ada perseteruan pendapat dari idola masing-masing genre, yaa namanya juga manusia.

    dari band-band diatas jujur aku cuman pernah denger namanya aja tapi nggak pernah dengerin lagunya haha, cupu banget yaa. yaa begitulah, semua kembali ke selera masing-masing. kalo aku dulu jaman SMP masih suka sama musik A7X dan Linkin Park. pas waktu SMA aja aku mulai tertular selera musik keras, jadi yaa sampe sekarang sukanya sama musik-musik dari Asking Alexandria, Bring Me The Horizon, paling slow juga palingan musik dari Sleeping eith Sirens sama Pierce The veil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alesana, Attack-Attack, Suicide Silence, dan The Devil Wears Prada juga oke. :D

      Delete
    2. gue ketinggalan nih kalo bahas a7x, baru tau pas SMA

      Wah kalo LP mah dari SD udah tau. jaman-jamannya musik NU Metal barengan Limp bizkit.

      selebihnya band lu kalian sebutin, cuma sebatas tau tapi gak gitu suka

      Delete
  7. Wah samaan nih suka PATD! Tos! Hahaha saya juga lagi bahas band Panic! Di blog saya. Lagu di album Death of a Bachelor keren2 walaupun cuma ada Brendon Urie doang.
    Yang paling miris sekarang di Video klipnya Brendon Urie cuma sendiri. Tapinya masih keren apalagi di MV Emperor's New Clothes. Mantap!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya keren banget PATD mah

      Iya itu video clipnya lanjutan dari this is gospel kan ya

      Delete
  8. Selera musikku berkelas. Kelas 4 SD.
    Selera old school. Classic. Jazz. Instrumen piano, violin, saxophone juga gak kwtinggalan. Parahnya aku suka lagunya, tapi gatau judulnya. Jadi kalau ada orang muterin lagu jaman Ir. Soekarno masih hidup, aku tau tapi gatau gitu deh.
    Barat terutama. Yu know lah... barat. Menerka judul itu gak gampang. Nah lagunya PANIC, aku jadi panik. Kenapa selera berkelas kaya aku gatau referensi lagu ini. Atau mungkin aku tau tapi gatau judulnya. Ya gitudeh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ampir suka semua genre ya lu.

      iya kalo denger sih pasti bakal tau lagunya

      Delete
  9. wah saya taunya cmn bon jovi, firehouse dan yg segenerasi :(

    ReplyDelete
  10. Gue malah tau Panic! At The Disco pas SMP, Jeh. :))

    Selain "I Write Sins", gue paling inget sama "Camisado". Hehe.

    Kalo Indonesia mah Sheila On 7, terus kalo luar jarang, sih. Soalnya nggak semua lagu suka. Linkin Park sama Saosin menurut gue kece. Tapi makin ke sini gak begitu ngikutin. Haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha gue smp masih tersesat di musik musik rock nih

      iya jaman2 MTV, gue suka banget sama SO7, Jamrud, Tipe x dll

      Delete
  11. mantap juga selera muskinya, green day sama oasis. kalau green day gue cuma suka wake me up when september ends. kalau gue sih.. yang menghanyutkan aja men. kayak the script, sama coldplay.

    ReplyDelete
  12. Huaa saya keseringan dengerin lagu keroncong spertinya jadi ga paham ama P!ATD... Ga cm itu banyak lagu luar yang saya ga paham. Yang paham hanya dikit hehe, tp skrng lagi belajar mengenal banyak lagu..

    Gara2 aplikasi karaoke smule itu loh don, jadi mau ga mau harus tau lagunya kn buat bs nyanyi.. Hehe

    ReplyDelete
  13. Lagu Oasis yang aku suka itu Wonderwall, Jeh. Trus kalau Greenday, aku suka Wake Me Up When September Ends sama Stray Heart. :D

    Kalau musisi favorit, aku suka Maroon 5. Suka lagu-lagunya mulai dari mereka namanya masih Kara's Flowers sampe akhirnya jadi Maroon 5 kayak sekarang. Trus juga suka Eminem. Dan... Justin Bieber. Intinya (berusaha) suka semua genre, musisi dan penyanyi, kecuali Kufaku Band. Itu terlalu bagus buat pendengaranku :(

    ReplyDelete
  14. Bang, gue nggak tau Panic! At The Disco. Gue kudet. Huhuuu
    Simple Plan juga tau beberapa lagu doang.

    Itu leh uga kalo anak pesantren bikin nama grup band. Hahaa
    Ngaji! At The Mosque.

    ReplyDelete
  15. Pertama, aku suka sama Simple Plan cuma gara2 salah satu singlenya yang ngehits waktu itu
    Kedua, aku juga suka Green Day tapi gara2 personilnya yg ganteng hahhhaa
    Tapi aku ga tau siapa itu OASIS...??? Oh aku norak ya ga kenal band itu huhuhu
    Ya semoga aja mereka bisa reunian dan nyanyi di Indonesia

    ReplyDelete
  16. kalo aku sih suka lagu Bon Jovi sama The Script. Kalo lagu jaman dulu lebih condong ke Scorpions, dan hampir 70% lagu-lagu scorpions liriknya hafal saking seringnya dijejelin lagu lagu scorpions sedari kecil X)

    ReplyDelete
  17. Anjirlah Green Day American Idiot entah jaman kapan itu. Dan pas dulu rame, muterin video klipnya terus gara-gara keren. :))

    ReplyDelete
  18. penyanyi favorit gue...
    kalo ditanya begini, begitu gue jawab biasanya yang nanya pada melongo karena gak pada kenal penyanyinya atau nama-nama yang gue sebutin terdengar aneh atau asing. Gue lebih suka musik-musik eropa timur dan eropa tengah sih daripada ke amrik..seperti...

    Kati wolf, Klangkarussell, Myon and shane 54, Liviu Hodor, Virag Voksan, Deepside Deejays, Akcent, Viktor Király, Andreea Banica, Andreea Balan, Morena, Antonia Iacobescu...

    ReplyDelete
  19. selera musik lo keren juga. gue cuma dengerin wali band doang. cupu banget.

    dari semua yang elo jelasin gue cuma manggut manggut doang. enggak ngerti sama sitilah dan nama nama band lo. tapi gue yang engga ngerti apa apa sudah dibuat takjub kok dengan pengetahuan lo yang luas itu tentang musik barat. iya elo udah sukes membuat gue merasa cupu! hiks!

    ReplyDelete
  20. Suka juga sama Green Day, terutama sama albumnya yang American Idiot. Kalo sekarang lagi suka sama M5, ato ngga penyanyi solo Indonesia~

    ReplyDelete
  21. Anjay, yang kena virus Green Day ternyata bukan saya aja ternyata, tapi Bang Don juga. Gile. Saya suka banget tuh sama lagu-lagunya, album favorit Green Day favorit saya, sih yang 21st Century Breakdown. Tapi sekarang-sekarang, saya lebih sering dengerin lagunya Little Mix, One Direction, sama Fall Out Boy. Beuh, Fall Out Boy tuh keren juga, Bang, dengerin coba. Gak kalah sama Green Day. Such a rock star!

    ReplyDelete
  22. Band jadul emang oke2..Green Day..Mr Big..Bon Jovi..Oasis..
    Yang lokal-an mana nih? :)

    ReplyDelete
  23. saya suka sekali dengan blog ini
    sukses selalu gan

    ReplyDelete
  24. hai, brendon urie not brandon urie ..
    hehe, terimakasih artikelnya, tahun 2018 masih kepoin P!ATD dan nemu artikel ini, how awesome :)

    ReplyDelete