Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Untuk Menjadi Fans Liverpool Bagi Pemula


Setalah membaca postingan sebelumnya yaitu 5 Alasan Liverpool akan berjaya dimusim ini kamu tiba tiba tertarik pengen banget menjadi fans Liverpool. Atau kamu lagi bimbang menentukan klub apa yang mau kamu dukung? atau kamu lagi pedekatein gebetan yang ternyata suka banget sama Liverpool dan membuat kamu pengen banget jadi fans Liverpool juga? tenang! Dengan baik hati gue akan memberikan panduan untuk menjadi fans Liverpool yang baik dan benar disini. Simak yaa!

#1 FANS LIVERPOOL NAMANYA KOPITES
Banyak orang yang salah kaprah dengan menyebut fans Liverpool dengan sebutan Liverpudlian. Ini kesalahan fatal banget. Fans Liverpool namanya Kopites. Sedangkan Liverpudlian adalah orang-orang yang tinggal di kota Liverpool. Nah orang-orang asli Liverpool ini atau Liverpudlian belum pasti mendukung Liverpool, ada juga yang mendukung Everton –Klub yang berasal dari kota Liverpool juga-. Jadi untuk kamu yang baru banget dukung Liverpool, sebutan kamu adalah Kopites ya bukan Liverpudlian. Kecuali kamu tinggal di kota Liverpool sana sih.


#2 YOU’LL NEVER WALK ALONE!
You’ll Never Walk Alone adalah sebuah lagu yang dipopulerkan oleh Garry and The Peacemaker. Bahkan lagu ini tuh lagu yang ngalahin hitsnya The Beatles I Want to Hold Your Hand di tangga lagu Inggris. Nah saking memiliki daya magis, setiap Liverpool tanding di Anfield, para fans akan selalu menyanyikan lagu ini. Makanya nih sebagai fans Liverpool, kamu harus hafal banget sama lagunya. Minimal Reffnya lah. Supaya bisa nyanyi bareng waktu Liverpool bertanding.


#3 SIAPA MUSUHMU? MANCHESTER UNITED!
Siapa tim yang selalu bermain curang? MU!. Siapa tim yang selalu diuntungkan oleh wasit? MU! Siapa tim terburuk sepanjang masa? MU! Ya sebagai fans Liverpool kamu akan dididik untuk selalu membenci Manchester United. Gak peduli seberapa baik hatinya kamu didunia, kamu harus membenci klub yang satu ini. Sama halnya dengan mempertanyakan seperti apa bentuk tuhan, Kamu juga gak harus mempertanyakan kenapa harus benci sama Manchester United ya.


#4 MENCINTAI SEJARAH
Kalau kamu belum tau, kejayaan Liverpool tuh terjadi beberapa puluh tahun yang lalu. Tepatnya tahun 80-90an lah. Kamu juga belum lahir kali. Nah kadang suka ada fans lain yang suka sombong-sombongin prestasinya dimasa kini gitu, contohnya Chelsea atau Manchetser City. Untuk membungkam omongan mereka, kamu keluarin deh tuh prestasi prestasi Liverpool dimasa lalu, kayak udah pernah juara Liga Inggris 18 kali, Liga Champions 5 kali, Piala FA 7 kali dll. Ya pokonya kamu harus hafal banget sejarah masa lalu Liverpool ya supaya gak jadi bahan cemoohan!


#5 HARUS TAU APA ITU MIRACLE OF ISTANBUL
Jadi nih tahun 2005 lalu, Liverpool main difinal Liga Champions lawan AC Milan. Venue pertandingannya di Istanbul, Turki. Di Babak pertama Liverpool udah tertinggal 3-0. Wah itu sih udah 80% kalah. Namun dibabak kedua, secara ajaib Liverpool bisa menyamakan kedudukan mejadi 3-3 dan memaksa pertandingan berakhir lewat drama adu penalti, yang pada akhirnya Liverpool sukses di sesi adu tendangan penalti tersebut. Liverpool juara. Dan sampai sekarang momen itu disebut Miracle of Istanbul. Heroik banget deh kalo kamu nonton pertandingannya. Kamu bisa langsung jatuh cinta sama Liverpool.


#6 SABAR, IKHTIAR DAN TAWAKAL
Ini nih syarat utama menjadi fans Liverpool yang baik dan benar. Tau sendiri kan sekarang tuh prestasi Liverpool lagi seret, terakhir Liverpool juara aja tahun 2011. Itu pun Cuma piala Carling. Ditambah belakangan Liverpool gampang banget kalah sama tim tim medioker gitu. jadi sebagai Fans Liverpool, bukan tuhan yang maha esa yang nomer 1, tapi sabar ikhtiar dan tawakal. Tapi ini lah yang membuat banyak fans Liverpool itu setia, tim nya lagi kalah aja masih tetep didukung apalagi pas lagi menang. Mungkin ini berkat doktrin Bill Shankly, legenda Liverpool yang pernah berucap 


3 comments for "Panduan Untuk Menjadi Fans Liverpool Bagi Pemula"

  1. Whahhaa. Postingan ini bermanfaat banget buat... yak! Benar sekali! Buat seseorang yang lagi naksir sama pecinta Liverpool. Tapi sayangnya aku lagi nggak naksir sama pecinta Liverpool. :))

    Miracle of Istanbul itu kayaknya keren, ya. Hmm.. Hmm..

    Oooh, jadi YNWA itu ada lagunya, yaaa. Waaa.. :O

    Fans Liverpool harus mencintai sejarah, ya.. Berarti Fans Liverpool ini orangnya susah move on. Hmm.. Cukup tau aja, sih... :)))

    ReplyDelete
  2. Baru tau ane ternyata sebutan fans Liverpool itu kopiters yah
    berarti selama ini yang sering disebut di media massa itu keliru yah

    Bermanfaat banget nih.

    Ane juga sebenarnya suka Liverpool soalnya fansnya yang loyal banget sama kayak Dortmund.

    ReplyDelete
  3. bukanya orang yg asli sana itu scouser ya? liverpudlian tetep fans liverpool..

    ReplyDelete